Rantai Makanan

Rantai Makanan

Di dalam sebuah ekosistem, pasti terjadi hubungan antar organisme dan lingkungannya. Hubungan yang terjadi tersebut, sangatlah kompleks sehingga saling mempengaruhi satu dengan yang lainnya. Hubungan yang terjadi antara unsur hayati dan juga unsur non hayati yang membentuk sebuah sistem ekologis yang disebut ekosistem. Dan pola interaksi tersebut juga melibatkan aliran energi dan juga rantai makanan.

Rantai makanan adalah sebuah peristiwa makan dan dimakan antara sesama makhluk hidup dengan urutan-urutan tertentu. Dalam suatu rantai makanan terdapat makhluk hidup yang mempunyai peran sebagai produsen, konsumen dan dekomposer (pengurai). Pada kejadian rnatai makanan terjadi suatu proses makan dan dimakan dalam suatu urutan tertentu. Dan setiap tingkat dari rantai makanan dalam sebuah ekosistem disebut juga dengan tingkat trofik.

A. PRODUSEN

Produsen yaitu makhluk hidup yang berperan sebagai pembuat makanan sendiri. Maka dari itu produsen tidak memakan makhluk lain. Tetapi di makan oleh makhluk lainnya. Produsen juga merupakan makhluk hidup yang diperoleh dapat membuat zat organik dari zat anorganik. Biasanya produsen membuat makanannya melalui proses fotosintesis.

Contoh produsen : tumbuhan hijau, alga, dan juga lemut.


B. KONSUMEN

Konsumen yaitu makhluk hidup yang bergantung pada makhluk lain karena dia tidak bisa memproduksi makanan sendiri seperti produsen. Maka dari itu untuk menjaga kelangsungan hidupnya, konsumen bergantung pada organisme lainnya. Peran konsumen di dalam sebuah ekosisitem biasanya adalah hewan. Konsumen memiliki beberapa tingkatan:

  • Konsumen pertama (primer), konsumen I merupakan pemakan produsen atau tumbuhan dan biasanya disebut dengan konsumen herbivora. 
    Contoh konsumen I : sapi, kelinci, kerbau, dan lain-lain
  • Konsumen sekunder, konsumen ini merupakan pemakan konsumen pertama dan biasa disebut dengan konsumen karnivora.
  • Konsumen tersier, konsumen ini pemakan konsumen kedua. Dan seterusnya hingga konsumen yang terakhir yang disebut dengan konsumen puncak. Biasanya konsumen puncak merupakan hewan yang tidak bisa dimakan oleh hewan lainnya.
    Contoh konsumen tersier : singa, buaya dan elang.


C. DEKOMPOSER ATAU PENGURAI

Pengurai adalah organisme terakhir dalam rantai makanan. Karena pengurai merupakan organisme yang mampu mengubah zat organik menjadizat anorganik. Pengurai bangkai atau tumbuhan yang sudah mati lalu mengembalikan nutrisinya ke dalam tanah yang akan digunakan tanaman untuk berfotosintesis. Dan dadri sinilah dantai makanan dimulai lagi. Contoh pengurai yaitu jamur dan bakteri pengurai.


RANTAI MAKANAN DI SAWAH

Rantai makanan adalah proses makan dan dimakan pada serangkaian organisme dengan urutan tertentu. Tiap kelompok organisme terlibat proses makan atau dimakan. Proses ini terjadi secara berantai. Beberapa kelompok organisme memangsa kelompok organisme lain. Dan organisme pemangsa tersebut juga menjadi mangsa bagi kelompok organisme lainnya. Perhatikan gambar rantai makanan berikut ini:

img-1583636497.jpg

Padi sebagai organisme autotrof menghasilkan butir beras. Belalng sebagai pemakan tumbuhan mengkonsumsi padi. Katak menangkap belalang untuk dimakan. Ular memburu katak untuk dimakan dan elang memakan ular.

Gambar di atas merupakan salah satu contoh rantai makanan yang terjadi pada suatu komunitas sawah. Rantai makanan menjadi jalur masuk aliran energi bagi makhluk hidup. Energi tersebut berasal dari matahari yang diubah oleh organisme autotrof (pembuat maknan) seperti tumbuhan menjadi energi kimia (dalam batang, buah, daun, dll). Sementara itu organisme heterotrof (tak mampu membuat makanan sendiri) memperoleh energi dengan memakan organisme autotrof.


JENIS RANTAI MAKANAN

Berdasarkan organisme yang mengawali, rantai makanan ternyata dibagi menjadi beberapa tipe. Rantai perumput, rantai detritus, rantai parasit dan rantai saprofit. 

A. Rantai makanan perumput

Rantai makanan ini dimulai dari tumbuhan sebagai produsen pada tingkat trofik pertamanya. Urutannya menjadi tumbuhan -> herbivora -> karnivora -> omnivora -> detrivor

Contoh siklus rantai makanan perumput yaitu rumput -> belalang -> katak -> ular -> elang -> pengurai

img-1583638967.jpg

Rantai makanan tersebut termasuk makanan rerumputan karena diawali dengan rumput yang bersifat autotrof dan berperan sebagai produsen. Lalu, rumput dimakan belalng sebagai konsumen tingkat I (konsumen primer). Kemudian, belalang dimakan oleh katak sebagai konsumen tingkat II. Selanjutnya, katak dimakan oleh ular sebagai konsumen tingkat III dan ular dimakan oleh elang sebagai konsumen tingkat IV. Nantinya bangkai elang akan dimakan dan diuraikan oleh pengurai.


B. Rantai makanan detritur/sisa

Rantai makanan ini tidak dimulai dari tumbuhan, tetapi dimulai dari detritivor. Detritivor adalah organisme heterotrof yang memperoleh energi dengan cara memakan sisa-sisa makhluk hidup. Detritus ini yang akan menjadi bahan makanan (nutrien) untuk cacing, crustacean, lipan dan makhluk sejenis lainnya. Urutannya menjadi: detritivor -> herbivora -> karnivora -> omnivora.

Contoh rantai makanan detritus (bakteri/jamur) -> ulat -> burung

img-1583639535.jpg

Rantai makanan diatas termasuk rantai makanan detritur karena diawali dengan detritus (pengurai). Detritus yang berupa sisa-sisa makhluk hidup (seperti bakteri dan jamur) akan dimakan oleh ulat. Setelah itu, ulat akan dimakan oleh burung. 


C. Rantai makanan pemangsa

Dasar yang melandasi rantai pemangsa adalah tumbuhan yang berperan sebagai produsen. Rantai pemangsa dimulai dari hewan herbivora sebagai konsumen tingkat I, kemudian dilanjutkan dengan hewan karnivora sebagai konsumen tingkat II. Dan berakhir dengan diamngsa oleh hewan karnivora atau omnivora sebagai konsumen III. Contohnya : Rumput -> belalang -> katak -> ular

img-1583640534.jpg

Pada rantai makanan diatas, landasannya adalah rumput sebagai produsen. Selanjutnya, rumput dimakan oleh belalang sebagai konsumen tingkat I. Selanjutnya,belalang dimakan oleh katak sebagai konsumen tingkat II dan berakhir dengan katak dimakan ular sebagai konsumen tingkat III.


D. Rantai makanan parasit

Organisme parasit adalah organisme yang hidup denganc ara merugikan organisme yang lainnya (inangnya). Jadi, rantai parasit merupakan jenis rantai dimana organisme kecil memangsa organsme besar. Contoh parasit adalah bakteri, benalu dan cacing. 

Contoh rantai parasit:

Kerbau -> kutu -> burung jalak -> elang

img-1583642363.jpg

Pada rantai makanan diatas, kutu menjadi parasit bagi kerbau yang mampu menyebabkan kerbau mati karena kutu yang berkembang dan banyak yang menempel pada kerbau dapat menyebabkan kematian dengan menghisap darah kerbau sampai habis. Kemudian kutu tersebut akan dimakan oleh burung jalang. Dan, berakhir dengan burung jalak dimangsa oleh elang


E. Rantai makanan saprofit

Organisme saprofit adalah organisme yang mampu mengurai sisa-sia organisme yang telahmati. Contoh dari organisme ini adalah bakteri, lumut kerak dan juga jamur. Jadi, rantai sporofit merupakan jenis rantaqi yang dimulai dari penguraian bangkai makhluk hidup oleh organisme saprofit (bakteri atau jamur).

Contoh rantai saprofit : Kayu lapuk -> jamur -> rubah

img-1583647677.jpg

Pada rantai makanan tersebut, diawali dengan kayu lapuk yang dimakan dan diuraikan oleh jamur. Kemudian, jamur tersebut dimakan oleh rubah. 


CONTOH RANTAI MAKANAN
Berikut ini contoh sederhana dari proses rantai makanan yang terjadi pada sebuah siklus kehidupan

  • Ekosistem sungai : tumbuhan air -> ikan -> bangau -> buaya
  • Ekosistem padang rumput : rumput -> rusa -> singa -> pengurai
  • Ekosistem hutan : tumbuhan -> kelinci -> ular -> elang -> pengurai
  • Ekosistem laut : phtoplankton -> zooplankton -> ikan kecil -> ikan sedang -> ikan besar -> pengurai

SOAL RANTAI MAKANAN

Soal 1

Rantai makanan yang terjadi pada ekosistem kolam adalah ...

A. lumut -> nila -> bawal

B. teratai -> ulat -> kelinci

C. enceng gondok -> ikan -> hiu

D. ikan teri -> ikan bawal -> hiu

JAWABAN : A


Soal 2

Perhatikan ilustrasi berikut!

Pada hari Minggu, Wayan pergi ke sawah di belakang rumahnya. Dia melihat banyak tanaman dan hewan di sawahnya. Di sana dia melihat tanaman padi yang mulai menguning dan berbagai jenis hewan antara lain belalang, burung pipit, lar, ikan mujair, dan burung bangau.

Berdasarkan ilustrasi tersebut, rantai makanan yang dapat terbentuk adalah ...

A. tanaman padi -> belalang -> mujair -> burung pipit -> burung bangau

B. tanaman padi -> belalang -> burung pipit -> ular -> burung bangau

C. tanaman padi -> ikan mujair -> belalang -> ular -> burung bangau

D. tanaman padi -> ikan mujair -> ular -> belalng -> burung bangau

JAWABAN : B


Soal 3

Rantai makanan yang terjadi pada ekosistem kebun adalah ...

A. bayam -> ayam -> belalng -> ular

B. wortel -> tikus -> kelinci -> elang

C. rumput -> kucing -> ayam -> musang

D. selada -> belalang -> burung kutilang -> ular

JAWABAN : D


Soal 4

Perhatikan rantai makanan berikut!

ganggang hijau -> mujahir -> lele -> ular -> elang

Lele dan elang berperan sebagai ...

A. konsumen I dan konsumen V

B. konsumen II dan konsumen IV

C. konsumen II dan konsumen V

D. konsumen III dan konsumen V

JAWABAN : B


Soal 5

Tumbuhan hijau bagi makhluk hidup di sekitarnya berperan sebagai ...

A. pengurai sisa kehidupan

B. penghasil karbondioksida

C. pencegah erosi

D. penyedia energi

JAWABAN : D



Bagikan Post


Komentar

    Belum Ada Komentar


Tambahkan Komentar

Profil
Kategori
Berita Terbaru
Operasi Matriks Selasa, 02 April 2024
Cara Meningkatkan Motivasi Belajar Kamis, 07 Maret 2024
Cara Megatasi Rasa “ Takut Gagal” Jum'at, 24 November 2023
Event Terdekat

Tidak Ada Event Terdekat

Testimonial

Saya pengguna App SMARTCPNS, terima kasih ya krn saya diterima CPNS di Pemda...

- Fresti Nuzulia -

Terima kasih Smart Genius, saya diterima CPNS pemda limapuluh kota, prov sumba...

- Sabrina Ashfa Al Haya -

Terima kasih Smart Genius. Saya diterima di IPDN 2021...

- Nadila Caurita -

Terima kasih Smart Genius. Saya diterima di Poltek SSN 2021...

- Rosa -

Terima kasih Smart Genius. Saya diterima di PKN STAN 2021...

- Lucia Cindy Agustina -

terima kasih untuk les TPA PPDS nya...

- Fitria Ahdiyanti -

terima kasih, saya les TPA PPDS online via zoom...

- Rima Rahmadipta -

terima kasih telah mengajarkan persiapan TPA...

- Yuniar Dian Pramitas -

Varian soalnya banyak & sangat membatu dalam pembelajaran persiapan CPNS...

- Hammah Fatin -

Persiapan TPA di Bimbel Smart Genius membantu saya lebih memahami soal, apalagi pembelajaran bisa sc...

- Dini Aulia Ramadhanty -

Les privat mapel sekolah di Smart Genius sangat membantu saya belajar lebih baik. terima kasih...

- Tristan Eka W -

Pengajarnya asik dan mudah dimengerti. tahun ini saya dapat hadiah meja lipat dari kaka Smart Genius...

- Karina Mirza Della Novia -

Terima Kasih kaka2 Smart Genius. saya ikut program di layanan SmartCPNS/SmartTaruna untuk persiapaan...

- Willy Agusta -

Terima kasih smart genius saya kemarin ikut ujian skd cpns di Donohudan Boyolali dan Alhamdulillah l...

- Puput Mulyono -

baru kasih testimoni. Aku yg selalu nga lulus TIU tes CPNS sebelumnya dan saat try out.. ternyata lu...

- Achmad Syakur Fahri -

Persiapaan TPA di Smart Genius bagus dan kompeten. Saya dapat rekomendasi les ini dari teman saya. T...

- M. Firman Maulana -

Yang mau persiapan TPA di sini saja, sangat kompeten dan pengalaman. saya sangat terbantu dengan per...

- Nur Royhana Zulfa -

Maaf baru share, sukses selalu smart genius Terima kasih saya keterima di IPDN 2020. bagi kamu yang ...

- Diva Aprilia A -

Terima kasih Smart Genius dengan layanan SmartCPNS dan SmartTARUNA saya lulus SKD CPNS dan sipencata...

- Aditya Prima Firdaus Saputra -

Persiapan Tes Potensi Akademik ppds Univ brawijaya lebih matang. latihan-latihan soal dan materi bim...

- Khumayroh Rachmawati Buana -

Belajar persiapan TPA di smart genius Indonesia jadi pilihan tepat, kamu bisa atur waktu jadwal deng...

- Mirza R.N -

rekomendasi untuk adek-adek yang ingin persiapan SPMB PKN STAN 2021. terima kasih Smart Genius dalam...

- Aditya Nurfaizi -

Saya ambil bimbingan persiapan Tes Potensi Akademik (TPA) untuk ujian PPDS Kedokteran Undip. Super m...

- Ezra Endria Gunadi -

Bimbingan persiapan CPNS luar biasa sip. Bener2 dibimbing dengan baik, yang awalnya ga ngerti apa2 j...

- Akhdiyan Setiyorini -

Terima kasih smart genius atas bimbingan nya untuk persiapan SPMB PKN STAN 2019. Alhamdulillah saya ...

- Adi Kusuma - D3 Akuntansi PKN STAN 2019 -

Hai smart genius. Les persiapan spmb PKN STAN di smart genius benar-benar dibimbing sampe h-1 tes. S...

- Arfan Dias -

Baru sempet kasih testimoni nih. Hehehe\r\nTerimakasih smart genius untuk les TPA untuk kuliah lanju...

- Ryan - PNS Bea Cukai Semarang -

Alhamdulillah keterima di kedokteran PPDS Ilmu Kesehatan Kulit dan Kelamin UNDIP 2019. \r\nRekomenda...

- Nurina Ayuningtyas -

Saya ambil les Tes Potensi Akademik dan Bahasa Inggris privat. Les nya asyik, fleksibel atur waktuny...

- Putri Novika Anggraeni -

Terima kasih Bimbel Smart Genius. Saya lebih lancar bahasa inggrisnya sekarang, Les paket Bahasa Ing...

- Muhammad Farras Razin P -

Maaf nih baru kasih testimoni, hehe.\r\nAlhamdulillah saya lolos sbmptn 2018 melalui program les di ...

- Safira -

Persiapan TPA di Bimbel Smart Genius membantu saya lebih mudah memahami soal-soal TPA. Tentornya sip...

- Eprilia Mukaromah -

Aku kasih testimoni terbaik untuk Smart Genius. Alhamdulillah saya lulus SMA dan sekarang lanjut kul...

- Hafizha Rasyidina -

Tentornya sesuai dengan kriteriaku, asyik, mudah memahami, dan pelayanannya mba CS nya pun cepat tan...

- Talitha Athaya -

Alhamdulillah keterima di kedokteran PPDS Radiologi UNDIP 2018. Berkat bantuan SMART GENIUS dalam me...

- Ardiga Israchmadi -

Terima kasih Smart Genius, nilai matematika anak saya sangat memuaskan. yang sebelumnya dibawah rata...

- Ibu dek Maiza Larasasih -

Cuman di smart genius yang menyediakan les TPA baik untuk S1/S2/S3 ataupun CPNS. sipp pokoknya, suks...

- Rhisma Kharolina Kosasih -

wuenak sekali pengajarnya. :), pelajaran IPA yang susah menjadi gampang. terima kasih smart genius u...

- Intan Mevla Sarsetyo -

Terima kasih Smart Genius, tentornya asik ngajarnya, mau lanjut lagi semester depan\r\n:)...

- Loveva Degma Bunga -

Terima Kasih Bimbel Smart Genius. Tentornya asik, mudah mengerti apa yang diajar. Latihan soal dan b...

- Rafeyfa Ammara Wijaya -

Belajar di Smart Genius makin Asyik dan Seru. Fisika yang sulit menjadi makin mudah dipahami. - pro...

- Thifani Tiara Ranti -

belajar privat persiapan UAS menjadi lebih mudah dengan Bimbel Smart Genius. persiapan UAS matematik...

- Albertus Bagas -

Asyik. Bisa les di mana aja. Liburan bisa belajar privat persiapan UAS. Sukses Bimbel Smart Genius....

- Brigitta Vania -

wow,, berkat to online smart genius, saya bisa mengasah kemampuan saya untuk lebih semangat lagi mem...

- Daniel -

Try out bimbel smart genius sangat membatu saya untuk mengetahui seberapa kemampuan saya dalam menge...

- Roshinta Oktafiana -

Terima kasih Bimbel Smart Genius. Les TPA membantu saya lebih mudah mengerjakan soal2 tes TPA pascas...

- Ardiga Israchmadi -

Try Out USM PKN STAN nya sangat membantu memberi gambaran tentang USM PKN STAN. Sukses terus Bimbel...

- Nurjaya -

Saya Ayu, lulusan Hukum UNDIP. saya mengikuti les privat persiapan Tes Potensi Akademik (TPA) Bappen...

- Wahyu Tri -

Pengajarnya enak menjelaskan. jadi mudah mengerti materi yang disampaikan. :) 👍👍👍👍👍 ...

- Laura -

Baru ingat isi testimoni. hehehe.. Terima kasih bimbel smart genius atas pelayanan tentor sainsnya. ...

- Febi -