Perguruan Tinggi Kedinasan

Perguruan Tinggi Kedinasan

Perguruan Tinggi Kedinasan (PTK) yang terdiri dari IPDN, STIS, PKN STAN, STTD Kemenhub, STSN, Poltekim dan Poltekip sangat berbeda dari Perguruan Tinggi Negeri (PTN) baik dari segi tes masuk, perkuliahan dan biaya serta pasca lulus. berikut penjelasannya :

  • Tes Masuk

Ujian masuk PTK ada 2 hingga 3 tahap yaitu dari tes Seleksi Kemampuan Dasar (SKD), tes kebugaran, psikotes dan atau wawancara. 

Sedangkan ujian masuk PTN hanya 1 tahap mencangkup mata pelajaran seperti matematika, fisika, kimia, biologi, ekonomi dan lain-lainnya.


  • Perkuliahan dan Biaya

Biaya perkulihan PTK itu Gratis, namun ada beberapa PTK yang berbayar khusus mahasiswanya yang masuk tidak melalui jalur reguler (bukan jalur tes pembibitan pemerintah).

Ada beberapa PTK yang menerapkan asrama untuk mahasiswanya, contoh IPDN.

Selain itu perkuliahan di PTK maksimal 4 tahun dan menerapkan siswa DO (Drop Out) setiap semester jika mahasiswa tidak memenuhi nilai tertentu.

Sedangkan PTN perkuliahan bayar sesuai UKT dan perkuliahan bisa diselesaikan minimal 3,5 tahun atau bisa 7 tahun lamanya. Di PTN tidak menerapkan sistem DO setiap semester, namun DO berlaku jika perkuliahan tidak selesai lebih dari 7 tahun. 


  • Pasca Lulus

Kelulusan mahasiswa PTK akan serentak pada setiap angkatan. Berbeda dengan PTN dimana mahasiswa dalam satu angkatan bisa ada yang lulus lebih dahulu dan ada yang lama lulusnya.

Lulusan PTK akan langsung ditempatkan di berbagai instansi pemerintah sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS), jadi kamu tidak perlu lagi lamar pekerjaan sana sini.

Berbeda dengan lulusan PTN, kamu harus melamar pekerjaan di perusahaan swasta, atau mengikuti tes CPNS Jalur Umum jika ingin menjadi PNS.


Nah, itu tadi adalah perbedaan PTK dan PTN. Lalu kita akan membahas berbagai PTK di Indonesia yang akan memberikan gambaran PTK mana yang akan kamu daftar.


  • IPDN

Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) adalah sebuah lembaga pendidikan tinggi milik pemerintah yang bergerak di bidang kepamongprajaan yang bertujuan menghasilkan kader pemerintahan yang berkompetensi, berkarakter, dan berkepribadian. Institut Pemerintahan Dalam Negeri menyelenggarakan program pendidikan meliputi program Diploma IV. Sarjana, Pascasarjana dan Program Profesi Kepamongprajaan. Kampus ini mengklasifikasikan peserta didik menjadi dua, yaitu Praja dan Mahasiswa.

img-1609045618.jpg

Praja adalah sebutan untuk peserta didik program diploma dan program sarjana yang merupakan peserta didik ikatan dinas dan tugas belajar, sedangkan mahasiswa sebutan peserta didik yang merupakan peserta didik tugas belajar dan ijin belajar pada program pascasarjana dan program profesi kepamongprajaan. Kenapa harus memilih IPDN? Kuliah tidak dipungut biaya, disediakan asrama, masih kuliah sudah diangkat menjadi CPNS, selama masa pendidikan diberi uang saku, lulus kuliah tidak bingung mencari kerja karena langsung ditempatkan di instansi pemerintah.

Untuk Tes masuk IPDN terdiri dari tes SKD, kesehatan dan kebugaran serta psikotes.

  • STTD Kemenhub

Sekolah Tinggi Transportasi Darat (STTD) saat ini menjadi Politeknik Transportasi Darat Indonesia – STTD adalah perguruan tinggi di lingkungan Kementerian Perhubungan, yang menyelenggarakan pendidikan yang berbasis vokasi dan akademik dalam bidang Transportasi Darat yang ada di Indonesia. Politeknik Transportasi Darat – STTD berlokasi di kabupaten Bekasi, Porvinsi Jawa Barat.

img-1609047020.jpg

Hingga sekarang ini, STTD memiliki lima program studi yang dapat kamu pilih. Deretan program studi tersebut adalah DII Pegujian Kendaraan Bermotor, DIII Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, DIII LLASDP, DIII Perkeretaapian, DIV Transportasi Darat. Biaya pendidikan di STTD wajib untuk kamu bayarkan setelah kamu dinyatakan lulus dalam salah satu seleksi penerimaan mahasiswa baru yang kamu pilih.

Jalur pendaftarannya terbagi menjadi dua yaitu Pola Pembibitan dan Non Pembibitan. Biaya kuliah melalui Jalur Pola Pembibitan akan jauh lebih murah dibandingkan dengan jalur Reguler Non Pembibitan. Hal ini dikarenakan biaya yang bersifat akademik (biaya SPP atau Semester, biaya Masa Dasar Pembentukan Karakter) ditanggung oleh pemerintah. Sedangkan biaya non akademik (biaya penunjang akademik, biaya permakanan, biaya kegiatan ketarunaan, wisuda, dll) menjadi tanggungan calon Taruna/Taruni sesuai dengan ketentuan Perundangan yang berlaku pada masing-masing sekolah kedinasan. Pola pembibitan ini sama dengan ikatan dinas, peserta pendidikan Pola Pembibitan nantinya setelah menyelesaikan masa pendidikan, dapat diangkat menjadi Aparatur Sipil Negara.

Tahapan seleksi akan dilaksanakan bekerja sama dengan Badan Kepegawaian Negara dengan diselenggarakan tesSKD dengan sistem Computer Assisted Test (CAT) seperti pada penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Seluruh proses pendaftaran dilakukan secara online, nantinya seluruh informasi kelulusan dan melanjutkan ke tahap seleksi berikutnya juga dilakukan secara online melalui situs sscn.bkn.go.id dan sipencatar.dephub.go.id. Sipencatar Pola Pembibitan terbagi atas dua kategori yaitu Pola Pembibitan Kemenhub dan Pola Pembibitan Daerah. Program Studi Pola Pembibitan Pemerintah Daerah hanya dilaksanakan oleh Politeknik STTD.


  • STIS

Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS) merupakan institusi pendidikan kedinasan di bawah naungan Badan Pusat Statistik Republik Indonesia (BPS RI) dan telah mengalami peningkatan status dari Akademi Ilmu Statistik (AIS). Kampus yang berada di Jl. Otto Iskandardinata No. 64C, Jakarta ini memiliki dua program studi yang terbagi dalam 2 jenjang pendidikan, yaitu Program Diploma 3 dan Sarjana Terapan program studi Statistika dan juga Program Sarjana Terapan program studi Komputasi Statistik. 

img-1609047701.jpg

Ujian masuk STIS terdiri dari tes SKD, Tes Potensi Akademik (Matematika), Kesehatan dan kebugaran serta psikotes. Biaya kuliah di STIS Gratis.

Setelah menyelesaikan pendidikan di STIS, kamu akan langsung diangkat menjadi PNS dan bekerja di Instansi Pemerintahan (Badan Pusat Statistik). Namun, menurut situs resmi Politeknik Statistika STIS disebutkan bahwa nantinya ada kemungkinan mahasiswa STIS akan ditempatkan di Instansi Pemerintah lainnya. Ketika kamu sudah resmi menjadi seorang PNS, kamu tentunya akan memiliki jenjang karir menjadi seorang pejabat negara. Artinya, suatu saat nanti kamu mungkin saja bisa menjadi seorang pembuat kebijakan atau penggerak di sektornya masing-masing demi negara kita agar lebih maju lagi.

  • PKN STAN

Politeknik Keuangan Negara STAN (PKN STAN) adalah perguruan tinggi vokasi di bawah naungan Kementerian Keuangan (Kemenkeu) yang menyelenggarakan program studi diploma di bidang keuangan negara yaitu Pajak, Akuntansi, Managemen Keuangan dan Bea Cukai. Selama pendidikan, mahasiswa tidak dipungut biaya pendidikan dan tidak diasramakan.

img-1609049509.jpg


Ujian masuk PKN STAN terdiri dari tes SKD, Tes Potensi Akademik dan Tes Bahasa Inggris, kemudian Kesehatan dan Kebugaran serta Psikotes. 

Lulusan PKN STAN akan ditempatkan tidak hanya di Kementerian Keuangan namun juga dapat ditempatkan di lembaga pemerintahan lainnya.


  • STSN

Sekolah Tinggi Sandi Negara adalah Perguruan Tinggi Kedinasan yang diselenggarakan oleh Lembaga Sandi Negara dan menjalankan program Diploma IV. STSN membuka pendidikan untuk angkatan I pada tahun 2002. Lulusan STSN akan menjadi CPNS yang ditempatkan di Lembaga Sandi Negara.

img-1609051575.jpg

Seleksinya terdiri dari tes SKD, tes akademik, psikotes dan ideologi, keseharan dan kebugaran serta wawancara. Selama kamu berkuliah di STSN tidak ada biaya yang kamu perlu keluarkan alias ditanggung oleh negara. Selain itu kamu pun tidak perlu mengeluarkan biaya sewa indekos, makan, dll, karena mahasiswa STSN wajib tinggal di asrama selama masa pendidikan.


  • Poltekim/Poltekip

Politeknik Imigrasi didirikan untuk memenuhi kebutuhan tenaga teknis keimigrasian yang profesional di negara kita. Politeknik Imigrasi ini dulunya bernama Akademi Imigrasi dan berada di bawah kementerian Hukum dan HAM RI. Politeknik Imigrasi sempat berstatus non-aktif selama 23 tahun, dan pada ahun 1999 barulah dibuka kembali masih dengan nama Akademi Imigrasi. Pada tahun 2011 Akademi Imigrasi berubah menjadi Politeknik Imigrasi.

img-1609052154.jpg

Politeknik Imigrasi tidak membebankan biaya pendidikan kepada mahasiswa sedikit pun. Seluruh biaya kuliah ditanggung pemerintah melalui APBN. Ujian masuk Poltekim/Poltekip yaitu SKD, kesehatan dan kebugaran serta psikotes dan wawancara.


Sekarang kamu bisa menentukan PTK mana yang ingin kamu daftar. Latihan soal tes CPNS Kedinasan dapat kamu lakukan dengan membeli paket premium aplikasi SMARTCPNS yang tersedia di Play Store. Kamu juga bisa mencoba simulasi tes CPNS Kedinasan online di SMARTCPNS secara gratis, lho!

Persiapkan diri dengan baik mulai H-1 hari tes. Pakai kemeja putih polos (dan jilbab hitam polos jika memakai kerudung), bawahan hitam polos, dan sepatu pantofel hitam. Bawa KTP dan dokumen lain yang dibutuhkan.

Jangan lupa survei lokasi tes terlebih dulu agar kamu tidak tersasar dan tahu harus naik kendaraan apa ke sana. Sehari sebelum tes, kamu tidak perlu begadang dan belajar serius lagi, ya, supaya besok kamu bisa mengerjakan soal dengan tenang dan nyaman.

Di hari H, jangan lupa sarapan agar kamu bisa lebih berkonsentrasi mengerjakan soal. Pastikan kamu datang sebelum waktu tes yang sudah ditentukan. Jangan sampai telat, karena akan membuatmu panik dan kekurangan waktu mengerjakan soal. Mulailah mengerjakan soal dengan berdoa. Semoga kamu lulus tes CPNS Kedinasan dan diterima di posisi yang kamu inginkan, ya, sobat SMART!


Bagikan Post


Komentar

    Belum Ada Komentar


Tambahkan Komentar

Profil
Kategori
Event Terdekat

Tidak Ada Event Terdekat

Testimonial

terima kasih untuk les TPA PPDS nya...

- Fitria Ahdiyanti -

terima kasih, saya les TPA PPDS online via zoom...

- Rima Rahmadipta -

terima kasih telah mengajarkan persiapan TPA...

- Yuniar Dian Pramitas -

Varian soalnya banyak & sangat membatu dalam pembelajaran persiapan CPNS...

- Hammah Fatin -

Persiapan TPA di Bimbel Smart Genius membantu saya lebih memahami soal, apalagi pembelajaran bisa sc...

- Dini Aulia Ramadhanty -

Les privat mapel sekolah di Smart Genius sangat membantu saya belajar lebih baik. terima kasih...

- Tristan Eka W -

Pengajarnya asik dan mudah dimengerti. tahun ini saya dapat hadiah meja lipat dari kaka Smart Genius...

- Karina Mirza Della Novia -

Terima Kasih kaka2 Smart Genius. saya ikut program di layanan SmartCPNS/SmartTaruna untuk persiapaan...

- Willy Agusta -

Terima kasih smart genius saya kemarin ikut ujian skd cpns di Donohudan Boyolali dan Alhamdulillah l...

- Puput Mulyono -

baru kasih testimoni. Aku yg selalu nga lulus TIU tes CPNS sebelumnya dan saat try out.. ternyata lu...

- Achmad Syakur Fahri -

Persiapaan TPA di Smart Genius bagus dan kompeten. Saya dapat rekomendasi les ini dari teman saya. T...

- M. Firman Maulana -

Yang mau persiapan TPA di sini saja, sangat kompeten dan pengalaman. saya sangat terbantu dengan per...

- Nur Royhana Zulfa -

Maaf baru share, sukses selalu smart genius Terima kasih saya keterima di IPDN 2020. bagi kamu yang ...

- Diva Aprilia A -

Terima kasih Smart Genius dengan layanan SmartCPNS dan SmartTARUNA saya lulus SKD CPNS dan sipencata...

- Aditya Prima Firdaus Saputra -

Persiapan Tes Potensi Akademik ppds Univ brawijaya lebih matang. latihan-latihan soal dan materi bim...

- Khumayroh Rachmawati Buana -

Belajar persiapan TPA di smart genius Indonesia jadi pilihan tepat, kamu bisa atur waktu jadwal deng...

- Mirza R.N -

rekomendasi untuk adek-adek yang ingin persiapan SPMB PKN STAN 2021. terima kasih Smart Genius dalam...

- Aditya Nurfaizi -

Saya ambil bimbingan persiapan Tes Potensi Akademik (TPA) untuk ujian PPDS Kedokteran Undip. Super m...

- Ezra Endria Gunadi -

Bimbingan persiapan CPNS luar biasa sip. Bener2 dibimbing dengan baik, yang awalnya ga ngerti apa2 j...

- Akhdiyan Setiyorini -

Terima kasih smart genius atas bimbingan nya untuk persiapan SPMB PKN STAN 2019. Alhamdulillah saya ...

- Adi Kusuma - D3 Akuntansi PKN STAN 2019 -

Hai smart genius. Les persiapan spmb PKN STAN di smart genius benar-benar dibimbing sampe h-1 tes. S...

- Arfan Dias -

Baru sempet kasih testimoni nih. Hehehe\r\nTerimakasih smart genius untuk les TPA untuk kuliah lanju...

- Ryan - PNS Bea Cukai Semarang -

Alhamdulillah keterima di kedokteran PPDS Ilmu Kesehatan Kulit dan Kelamin UNDIP 2019. \r\nRekomenda...

- Nurina Ayuningtyas -

Saya ambil les Tes Potensi Akademik dan Bahasa Inggris privat. Les nya asyik, fleksibel atur waktuny...

- Putri Novika Anggraeni -

Terima kasih Bimbel Smart Genius. Saya lebih lancar bahasa inggrisnya sekarang, Les paket Bahasa Ing...

- Muhammad Farras Razin P -

Maaf nih baru kasih testimoni, hehe.\r\nAlhamdulillah saya lolos sbmptn 2018 melalui program les di ...

- Safira -

Persiapan TPA di Bimbel Smart Genius membantu saya lebih mudah memahami soal-soal TPA. Tentornya sip...

- Eprilia Mukaromah -

Aku kasih testimoni terbaik untuk Smart Genius. Alhamdulillah saya lulus SMA dan sekarang lanjut kul...

- Hafizha Rasyidina -

Tentornya sesuai dengan kriteriaku, asyik, mudah memahami, dan pelayanannya mba CS nya pun cepat tan...

- Talitha Athaya -

Alhamdulillah keterima di kedokteran PPDS Radiologi UNDIP 2018. Berkat bantuan SMART GENIUS dalam me...

- Ardiga Israchmadi -

Terima kasih Smart Genius, nilai matematika anak saya sangat memuaskan. yang sebelumnya dibawah rata...

- Ibu dek Maiza Larasasih -

Cuman di smart genius yang menyediakan les TPA baik untuk S1/S2/S3 ataupun CPNS. sipp pokoknya, suks...

- Rhisma Kharolina Kosasih -

wuenak sekali pengajarnya. :), pelajaran IPA yang susah menjadi gampang. terima kasih smart genius u...

- Intan Mevla Sarsetyo -

Terima kasih Smart Genius, tentornya asik ngajarnya, mau lanjut lagi semester depan\r\n:)...

- Loveva Degma Bunga -

Terima Kasih Bimbel Smart Genius. Tentornya asik, mudah mengerti apa yang diajar. Latihan soal dan b...

- Rafeyfa Ammara Wijaya -

Belajar di Smart Genius makin Asyik dan Seru. Fisika yang sulit menjadi makin mudah dipahami. - pro...

- Thifani Tiara Ranti -

belajar privat persiapan UAS menjadi lebih mudah dengan Bimbel Smart Genius. persiapan UAS matematik...

- Albertus Bagas -

Asyik. Bisa les di mana aja. Liburan bisa belajar privat persiapan UAS. Sukses Bimbel Smart Genius....

- Brigitta Vania -

wow,, berkat to online smart genius, saya bisa mengasah kemampuan saya untuk lebih semangat lagi mem...

- Daniel -

Try out bimbel smart genius sangat membatu saya untuk mengetahui seberapa kemampuan saya dalam menge...

- Roshinta Oktafiana -

Terima kasih Bimbel Smart Genius. Les TPA membantu saya lebih mudah mengerjakan soal2 tes TPA pascas...

- Ardiga Israchmadi -

Try Out USM PKN STAN nya sangat membantu memberi gambaran tentang USM PKN STAN. Sukses terus Bimbel...

- Nurjaya -

Saya Ayu, lulusan Hukum UNDIP. saya mengikuti les privat persiapan Tes Potensi Akademik (TPA) Bappen...

- Wahyu Tri -

Pengajarnya enak menjelaskan. jadi mudah mengerti materi yang disampaikan. :) 👍👍👍👍👍 ...

- Laura -

Baru ingat isi testimoni. hehehe.. Terima kasih bimbel smart genius atas pelayanan tentor sainsnya. ...

- Febi -