Kerajaan Bali

Kerajaan Bali

SEJARAH KERAJAAN BALI

Kerajaan bali terletak di sebuah pulau yang tidak jauh dari daerahh jawa timur, tepatnya di sebelah timur pulau jawa, maka dalam perkembangan sejarahnya, bali mempunyai hubungan yang sangat era dengan pulau jawa. Ketika kerajaan majapahit runtuh, banyak dari rakyat majapahit yang melarikan diri kemudian menetap di bali. Sehingga sampai saat ini masih ada kepercayaan bahwa sebagian dari masyarakat bali adalah pewaris tradisi majapahit. Kerajaan bali adalah sebuah kerajaan yang terletak di sebuah pulau berukuran kecil yang tak jauh dari pulau jawa dan berada di sebelah timur. Kerajaan ini berada di sebuah pulau kecil yang dahulu masih dinamakan dengan pulau jawa sehingga bisa dikatakan pulau ini masih dianggap sebagai bagian dari pulau jawa. Kerajaan ini pada umumnya menganut kepercayaan berupa agama hindu walau pada perkembangannya nanti ternyata tidak hanya agama hindu yang dominan, tapi juga kepercayaan-kepercayaan seperti animisme dan dinamisme. Ini bisa terjadi karena kentalnya budaya nenek moyang pada saat itu walau kerajaan ini sudah berdiri.


RAJA-RAJA KERAJAAN BALI

Raja-raja yang memerintah kerajaan bali memiliki pengaruh sendiri-sendiri terhadap kehidupan masyarakatnya. Mulai dari raja pendiri sampai raja yang terakhir. Masa kejayaan pun pernah di genggam sehingga kerajaan ini memang perlu diperhitungkan.

  • Sri Kesari Warmadewa (914)
    Beliau adalah raja pendiri kerajaan bali sekaligus sebagai raja pertama. Tertulis di dalam prasasti blanjong, salah satu peninggalan kerajaan bali, bahwa pada tahun 914 kerajaan bali di bawah kepemimpinan singhadwalawa atau sri kesari warmadewi.
  • Sri ugrasena (915-942)
    Saat pergantian kekuasaan di tangan ratu sri ur=grasena,  kehidupan masyarakat bali berubah. Terbukti dalam 9 prasasti peninggalan kerajaan bali, bahwa ratu bali ini telah memberikan banyak perubahan terhadap rakyat bali. Beberapa diantaranya adalah pembangunan tempat-tempat suci untuk ibadah rakyat hidu bali. Gencarnya pembangunan tersebut adalah bentuk kebijakan ratu untuk melengkapi fasilitas di kerajaan. Kebijakan yang kedua adalah tentang pembebasan pemungutan pajak untuk beberapa daerah bali.
  • Tabanendra warmadewa (955-967)
    Dilihat dari namanya, raja bali ini adalah keturunan raja pertama bali. Gelarnya sebagai raja adalah sang ratu aji tabanendra warmadewa. Di masa pemerintahannya, dia memberikan izin kepada rakyat untuk membuat air madaru, yaitu tempat pemakaman raja. Pembebasan penarikan pajak pun juga dilakukan di masa pemerintahannya, namun untuk desa-desa tertentu saja.
  • Jayasingha warmadewa (960-975)
    Sebelum sang ayah, tabanendra warmadewa lengser keprabon, Jayasingha ini sudah naik tahta menjadi raja kerajaan bali. Tempat pemandian suci tirta empul di tampaksiring adalah hasil dari pemerintahannya. Tempat ini menggunakan sumber air yang ada di desa manukraya.
  • Sri wijaya mahadewi
    Raja bali yang selanjutnya adalah seorang ratu bernama ratu sri wiajaya mahadewi yang memiliki gelar sri maharaja sri wijaya mahadewi. Menurut silsilah keluarga, ratu bali ini adalah putri empu sendok dari jawa timur. Masih keturunan kerajaan sriwijaya. Bukti lain yang menunjukkan bahwa ratu sri wijaya mahadewi adalah keturunan orang jawa adalah dari namanya. Di mana di bali tidak mengenal nama wijaya, melainkan banyak yang menggunakan marga manihati, makudur, dan atau pangkaja.
  • Dharma udayay warmadewa (1001-1011)
    Puncak masa kejayaan kerajaan bali berhasil diwujudkan saat pemerintahan raja yang satu ini. Dukungan penuh dari sang istri sekaligus sebagai partner kerja, mahendradatta, menjadi kekuatan utamanya. Permaisuri raja tersebut asli orang jawa timur, sehingga pengaruh budaya jawa pun semakin kental di bali. Beberapa diantaranya adalah penggunaan huruf jawa kuno dalam peninggalan-peninggalan kerajaan bali.
  • Marakata (1011-1022)
    Dia adalalh anak dari udayana yang kedua. Sebagai raja kerajaan bali, gelarnya adalah dharmawangsa marakata pangkajasthana unttunggadewa. Di sisi  lain, sudaranya, airlangga, juga menjadi raja di kerajaan yang ada di jawa timur. Marakata dikenal sebagai raja yang bijaksana, karena mengayomi rakyat kerajaan bali secara bali secara penuh. Rakyat sangat mengaguminya sebagai raja yang rendah hati dan baik. Hingga dia juga membangunkan sebuah candi di tapaksiring, bali.
  • Anak wungsu (1049-1077)
    Dia juga anak dari udayana. Setelah marakata lengser, pemerintahan kerajaan bali digantikan oleh anak wungsu. Gelarnya panjang pakek banget, yakni paduka haji anak wungsu nira kalih bhatari lumah i burwan bhatara lumah i banu wka. Sejumlah 28 prasasti peninggalan kerajaan bali telah dibuat saat pemerintahan raja bali kuno ini. Prasasti-prasasti tersebut tersebar di seluruh wilayah kekuasaan kerajaan bali. Sayangnya dia adalah raja yang tidak memiliki anak sebagai putra mahkota. 
  • Jaya sakti (1133-1150)
    Undang-undang sudah ada di jaman pemerintahan jaya sakti ini.Undang-undang tersebut digunakan untuk mengatur pemerintahan di lingkup kerajaan bali. Nama undang-undang tersebut adalah kitab utara widdhi belawan dan rajawacana. Sudah ada senapati dan pendeta hindu dan buddha yang membantunya dalam menjalankan strategi pemerintahan.
  • Bedahulu (1343)
    Gelarnya saat itu adalah sri astasura ratna bhumi banten bendahulu. Ada dua patih yang membantunya dalam bekerja yakni patih pasunggrigis dan patih kebo iwa. Sistem pemerintahan ini adalah warisan dari raja sebelumnya. 

PENINGGALAN KERAJAAN BALI

Terdapat beberapa peninggalan dari kerajaan bali yang hingga sekarang dapat kita jumpai, diantaranya sebagai berikut:

  • Prasasti panglapuan 
    Isi dari prasasti ini adalah tentang badan penasihat pusat yang dibentuk oleh raja udayana dalam membantu proses pemerintahannya. Para anggota badan penasihat ini adalah para pendeta buddha dan hindu.
  • Pura tirta empul
    Sejarah pura tersebut yang terletak di daerah tampaksiring bali dibangun pada tahun 967 M oleh raja sri candrabhaya warmadewa. Pura atau tempat suci ini, digunakan beliau untuk melakukan hidup sederhana, lepas dari keterikatan dunia sekitarnya materi, melakukan tapa, brata, yoga, semadi, dengan spirit alam sekitarnya. Secara etimologi bahwa tirta empul artinya air menyembur keluar dari tanah. Maka tirta empul artinya adalah air suci yang menyembur keluar dari tanah. Air tirta empul mengalir ke sungai pakerisan. Sepanjang aliran sungai ini terdapat beberapa peninggalan purbakala. Air suci yang ada di pura ini, sebagaimana disebutkan dalam purana bali dwipa, berfungsi untuk memusnahkan racun yang disebarkan oleh mayadenawa. Sehingga pura tirta empul ini digunakan untuk upacara melukat seperti penjelasan dalam tata cara melukat/meruwat di pura tirta empul, tampak siring.
  • Candi mangenin
    Kuil Yeh Mangenin terletak di Banjar, Sarasada, Desa Tampaksiring. Kuil Yeh Mangenin Dibangun di lembah Sungai Pakerisan, cukup dalam dengan tebing curam. Kuil ini dibangun di lereng timur tebing dan merupakan kesaksian sejarah masa lalu.
  • Kuil padas di gunung kawi
    Pura Gunung Kawi atau Pura Tebing Kawi, terletak di Sungai Pakerisan, Kabupaten Gianyar, Desa Tampaksiring, Dusun Penaka, Kabupaten Tampaksiring, Provinsi Bali, Indonesia. Candi ini sangat unik karena candi ini biasanya berupa batu bata merah utuh atau batu batu, tetapi candi ini tidak seperti itu, tetapi diukir di tebing di tepi sungai.

     



Bagikan Post


Komentar

    Belum Ada Komentar


Tambahkan Komentar

Profil
Kategori
Berita Terbaru
Operasi Matriks Selasa, 02 April 2024
Cara Meningkatkan Motivasi Belajar Kamis, 07 Maret 2024
Cara Megatasi Rasa “ Takut Gagal” Jum'at, 24 November 2023
Event Terdekat

Tidak Ada Event Terdekat

Testimonial

Saya pengguna App SMARTCPNS, terima kasih ya krn saya diterima CPNS di Pemda...

- Fresti Nuzulia -

Terima kasih Smart Genius, saya diterima CPNS pemda limapuluh kota, prov sumba...

- Sabrina Ashfa Al Haya -

Terima kasih Smart Genius. Saya diterima di IPDN 2021...

- Nadila Caurita -

Terima kasih Smart Genius. Saya diterima di Poltek SSN 2021...

- Rosa -

Terima kasih Smart Genius. Saya diterima di PKN STAN 2021...

- Lucia Cindy Agustina -

terima kasih untuk les TPA PPDS nya...

- Fitria Ahdiyanti -

terima kasih, saya les TPA PPDS online via zoom...

- Rima Rahmadipta -

terima kasih telah mengajarkan persiapan TPA...

- Yuniar Dian Pramitas -

Varian soalnya banyak & sangat membatu dalam pembelajaran persiapan CPNS...

- Hammah Fatin -

Persiapan TPA di Bimbel Smart Genius membantu saya lebih memahami soal, apalagi pembelajaran bisa sc...

- Dini Aulia Ramadhanty -

Les privat mapel sekolah di Smart Genius sangat membantu saya belajar lebih baik. terima kasih...

- Tristan Eka W -

Pengajarnya asik dan mudah dimengerti. tahun ini saya dapat hadiah meja lipat dari kaka Smart Genius...

- Karina Mirza Della Novia -

Terima Kasih kaka2 Smart Genius. saya ikut program di layanan SmartCPNS/SmartTaruna untuk persiapaan...

- Willy Agusta -

Terima kasih smart genius saya kemarin ikut ujian skd cpns di Donohudan Boyolali dan Alhamdulillah l...

- Puput Mulyono -

baru kasih testimoni. Aku yg selalu nga lulus TIU tes CPNS sebelumnya dan saat try out.. ternyata lu...

- Achmad Syakur Fahri -

Persiapaan TPA di Smart Genius bagus dan kompeten. Saya dapat rekomendasi les ini dari teman saya. T...

- M. Firman Maulana -

Yang mau persiapan TPA di sini saja, sangat kompeten dan pengalaman. saya sangat terbantu dengan per...

- Nur Royhana Zulfa -

Maaf baru share, sukses selalu smart genius Terima kasih saya keterima di IPDN 2020. bagi kamu yang ...

- Diva Aprilia A -

Terima kasih Smart Genius dengan layanan SmartCPNS dan SmartTARUNA saya lulus SKD CPNS dan sipencata...

- Aditya Prima Firdaus Saputra -

Persiapan Tes Potensi Akademik ppds Univ brawijaya lebih matang. latihan-latihan soal dan materi bim...

- Khumayroh Rachmawati Buana -

Belajar persiapan TPA di smart genius Indonesia jadi pilihan tepat, kamu bisa atur waktu jadwal deng...

- Mirza R.N -

rekomendasi untuk adek-adek yang ingin persiapan SPMB PKN STAN 2021. terima kasih Smart Genius dalam...

- Aditya Nurfaizi -

Saya ambil bimbingan persiapan Tes Potensi Akademik (TPA) untuk ujian PPDS Kedokteran Undip. Super m...

- Ezra Endria Gunadi -

Bimbingan persiapan CPNS luar biasa sip. Bener2 dibimbing dengan baik, yang awalnya ga ngerti apa2 j...

- Akhdiyan Setiyorini -

Terima kasih smart genius atas bimbingan nya untuk persiapan SPMB PKN STAN 2019. Alhamdulillah saya ...

- Adi Kusuma - D3 Akuntansi PKN STAN 2019 -

Hai smart genius. Les persiapan spmb PKN STAN di smart genius benar-benar dibimbing sampe h-1 tes. S...

- Arfan Dias -

Baru sempet kasih testimoni nih. Hehehe\r\nTerimakasih smart genius untuk les TPA untuk kuliah lanju...

- Ryan - PNS Bea Cukai Semarang -

Alhamdulillah keterima di kedokteran PPDS Ilmu Kesehatan Kulit dan Kelamin UNDIP 2019. \r\nRekomenda...

- Nurina Ayuningtyas -

Saya ambil les Tes Potensi Akademik dan Bahasa Inggris privat. Les nya asyik, fleksibel atur waktuny...

- Putri Novika Anggraeni -

Terima kasih Bimbel Smart Genius. Saya lebih lancar bahasa inggrisnya sekarang, Les paket Bahasa Ing...

- Muhammad Farras Razin P -

Maaf nih baru kasih testimoni, hehe.\r\nAlhamdulillah saya lolos sbmptn 2018 melalui program les di ...

- Safira -

Persiapan TPA di Bimbel Smart Genius membantu saya lebih mudah memahami soal-soal TPA. Tentornya sip...

- Eprilia Mukaromah -

Aku kasih testimoni terbaik untuk Smart Genius. Alhamdulillah saya lulus SMA dan sekarang lanjut kul...

- Hafizha Rasyidina -

Tentornya sesuai dengan kriteriaku, asyik, mudah memahami, dan pelayanannya mba CS nya pun cepat tan...

- Talitha Athaya -

Alhamdulillah keterima di kedokteran PPDS Radiologi UNDIP 2018. Berkat bantuan SMART GENIUS dalam me...

- Ardiga Israchmadi -

Terima kasih Smart Genius, nilai matematika anak saya sangat memuaskan. yang sebelumnya dibawah rata...

- Ibu dek Maiza Larasasih -

Cuman di smart genius yang menyediakan les TPA baik untuk S1/S2/S3 ataupun CPNS. sipp pokoknya, suks...

- Rhisma Kharolina Kosasih -

wuenak sekali pengajarnya. :), pelajaran IPA yang susah menjadi gampang. terima kasih smart genius u...

- Intan Mevla Sarsetyo -

Terima kasih Smart Genius, tentornya asik ngajarnya, mau lanjut lagi semester depan\r\n:)...

- Loveva Degma Bunga -

Terima Kasih Bimbel Smart Genius. Tentornya asik, mudah mengerti apa yang diajar. Latihan soal dan b...

- Rafeyfa Ammara Wijaya -

Belajar di Smart Genius makin Asyik dan Seru. Fisika yang sulit menjadi makin mudah dipahami. - pro...

- Thifani Tiara Ranti -

belajar privat persiapan UAS menjadi lebih mudah dengan Bimbel Smart Genius. persiapan UAS matematik...

- Albertus Bagas -

Asyik. Bisa les di mana aja. Liburan bisa belajar privat persiapan UAS. Sukses Bimbel Smart Genius....

- Brigitta Vania -

wow,, berkat to online smart genius, saya bisa mengasah kemampuan saya untuk lebih semangat lagi mem...

- Daniel -

Try out bimbel smart genius sangat membatu saya untuk mengetahui seberapa kemampuan saya dalam menge...

- Roshinta Oktafiana -

Terima kasih Bimbel Smart Genius. Les TPA membantu saya lebih mudah mengerjakan soal2 tes TPA pascas...

- Ardiga Israchmadi -

Try Out USM PKN STAN nya sangat membantu memberi gambaran tentang USM PKN STAN. Sukses terus Bimbel...

- Nurjaya -

Saya Ayu, lulusan Hukum UNDIP. saya mengikuti les privat persiapan Tes Potensi Akademik (TPA) Bappen...

- Wahyu Tri -

Pengajarnya enak menjelaskan. jadi mudah mengerti materi yang disampaikan. :) 👍👍👍👍👍 ...

- Laura -

Baru ingat isi testimoni. hehehe.. Terima kasih bimbel smart genius atas pelayanan tentor sainsnya. ...

- Febi -