Bakteri

Bakteri

PENGERTIAN BAKTERI

Bakteri berasal dari kata latin, bacterium adalah kelompok raksasa dari organisme hidup. Mereka sangatlah kecil (mikroskopik) dan kebanyakan uniseluler (bersel tunggal), dengann struktur sel yang relatif sederhana tanpa nukleus/inti sel, sitoskeleton, dan organel lain seperti mitokondria dan kloroplas. Istilah bakteri telah diterapkan utnuk semua prokariota atau untuk kelompok besar mereka, tergantung pada gagasan mengenai hubungan mereka.

img-1584497719.jpg

Bakteri adalah yang paling berkelimpahan dari semua organisme. Mereka tersebar di tanah, air, dan sebagai simbiosis dari organisme lain. Banyak patogen merupakan bakteri. Kebanyakan dari mereka kecil, biasanya hanya berukuran 0,5-5 μm, meski ada jenis dapat menjangkau 0,3 mm dalam diameter (Thiomargarita). Mereka umumnya memiliki dinding sel, seperti sel hewan dan jamur, tetapi dengan komposisi sangat berbeda (peptidoglikan). Banyak yang bergerak menggunakan flagela yang berbeda dalam strukturnya dari flagela kelompok lain.

Bakteri ditemukan oleh seorang yang  bernama Antony van Leeuwenhoek yang pertama kali pada tahun 1674. Antony van Leeuwehoek merupakan seorang ilmuan yang berasal dari negara Belanda. Antony van Leewenhoek tidak hanya penemu bakteri namun juga penemu alat mikroskop lensa tunggal. Dalam pemberian nama bakteri adalah Ehrenberg dengan istilah bakteri yang diperkenalkan pada tahun 1828. Ilmu yang mempelajari tentang bakteri adalah Bakteriologi.


CIRI-CIRI BAKTERI

img-1584497785.jpg

Bakteri memiliki ciri-ciri yang membedakannnya dengan mahluk hidup lain yaitu :

  • Organisme multiselluler.
  • Prokariot (tidak memiliki membran inti sel ).
  • Umumnya tidak memiliki klorofil.
  • Memiliki ukuran tubuh yang bervariasi antara 0,12  s/d ratusan mikron umumnya memiliki ukuran rata-rata 1 s/d 5 mikron.
  • Memiliki bentuk tubuh yang beraneka ragam.
  • Hidup bebas atau parasit.
  • Yang hidup di lingkungan ekstrim seperti pada mata air panas,kawah atau gambut dinding selnya tidak mengandung peptidoglikan.
  • Yang hidupnya kosmopolit diberbagai lingkungan dinding selnya mengandung peptidoglikan.
  • Ciri umum bakteri yang pertama, mereka adalah Organisme prokariota (inti sel tidak diselimuti membran khusus) juga uniseluler (atau bersel tunggal)
  • Bakteri memiliki dinding sel seperti tumbuhan yang tersusun atau peptidoglikan dan mukopolisakarida.
  • Bakteri mamiliki endospora yaitu kapsul yang muncul jika kondisi yang tidak menguntungkan sebagai perisai terhadap panas dan gangguan alam.
  • Dari segi ukuran, bakteri pada umumnya bakteri terlalu kecil seperti Mycoplasma untuk dilihat mata telanjang yakni sekitar 0,5 mikrometer tapi dan ada juga yang sedikit lebih besar yakni Epulopiscium fishelsoni mencapai ukuran yaitu sekitar 10-100 mikrometer.
  • Ciri umum lainnya dari bakteri hidup adalah mereka makhluk yang parasit (membutuhkan inang seperti manusia atau hewan) tapi ada juga yang hidup bebas.
  • Secara umum bakteri tidak berklorofil.
  • Habitat bakteri dapat tinggal dilingkungan yang keras seperti air panas, kawah, gambut.
  • Dilihat dari bentuk penampakan, sel bakteri bisa terlihat seperti basil (atau batang), kokus (berbentuk bola), spirilum (spiral seperti pembuka tutup botol), kokobasil (bulat dan batang), dan Vibrio (seperti koma).

Sebagai bagian dari perlindungan, bakteri dapat mensekresikan lendir ke permukaan dinding sel. 8-10 % fosfolipid dan protein adalah penyusun membran sitoplasma dan bakteri. Bakteri ada yang memiliki ekor juga disebut dengan flagela untuk bergerak sedangkan bakteri yang tidak memiliki flagela bergerak dengan cara seperti berguling


KLASIFIKASI BAKTERI

Berdasarkan Jumlah dan Kedudukan Flagella

NoKlasifikasiNama BakteriGambarKeterangan
1Artrik
  • Clostridium tetani
  • Escherichia coly

img-1584498064.jpg

Bakteri yang tidak mempunyai flagellum. Bakteri ini terdapat di usus besar manusia dan dapat menyebabkan keracunan
2MonotrikVibrio Cholerae

img-1584498171.jpg

Bakteri yang mempunyai flagellum pada salah satu dinding selnya. Bakteri ini penyebab penyakit kolera.
3Lopotrik
  • Rhodospirillum
  • Spirillumminor

img-1584498307.jpg

Bakteri yang mempunyai flagellum pada kedua dinding selnya
4PeritrikMethano bacterium

img-1584498918.jpg

Memillki flagellum diseluruh permukaan Bakteri. Bakteri ini adalah bakteri yang hidup dilingkungan dengan kadar garam tinggi.
5Amfitrik
  • Nitrosomonas
  • Nitrosococcus

img-1584499257.jpg

Memiliki dua atau lebih flagellum dikedua ujung sel Bakteri dan menjadi penyebab penyakit pada tanaman dan hewan



Berdasarkan Cara Memperoleh Energi

NoKlasifikasiNama bakteriGambarKeterangan
1Bakteri aerobNitrosococcus

img-1584518222.jpg

Bakteri yang memiliki metabolisme berbasis oksigen. Berperan dalam proses penambahan kesuburan tanah (membentuk humus)


 Nitrosomonas

img-1584502390.jpg

sebuah bakteri berbentuk batang yang terdiri dari genus chemoautotrophic. berperan dalam proses nitrifikasi menghasilkan ion nitrat yang dibutuhkan tanaman


Clostridium tetani (anaerob obligat)

img-1584502449.jpg

bakteri Gram positif, anaerob obligat, dapat membentuk spora, dan berbentuk drumstick. Bakteri ini menyebabkan penyakit Tetanus


Shigella (anaerob fakultatif)

img-1584502536.jpg

Mengubah Nitrit Menjadi Nitrat 3 Rhizobium Menambat Nitrogen
2Bakteri anaerob
Escherichia coli (anaerob fakultatif)

img-1584502627.jpg

Salah satu jenis spesies utama bakteri gram negatif. Ditemukan dalam usus besar manusia.


Berdasarkan Bentuknya

NoKlasifikasiNama bakteriGambarKeterangan
1Bentuk bulat (kokus)



a. MonokokusMonococcus gonorhoe

img-1584503026.jpg

Bakteri berbentuk bulat tunggal, penyebab sakit kencing nanah

b. DiplokokusDiplococcus pneumoniae

img-1584503076.jpg

Berbentuk bulat bergandengan dua-dua, penyebab penyakit radang paru-paru

c. TetrakokusPediococcus cerevisiae

img-1584505366.jpg

Bakteri berbentuk bulat yang berkelompok empat-empat membentuk kubus

d.  StreptokokusStreptococcus Pyogenes

img-1584505418.jpg

Bakteri berbentuk bulat bergandengan membentuk rantai

e. SarkinaSarcina ventriculli

img-1584505481.jpg

Berbentuk bulat berkelompok delapan-delapan seperti kubus

f. StafilokokusStaphyiococcus aureus

img-1584505705.jpg

Bakteri berbentuk bulat menggrombol seperti anggur
2Batang (basil)



a. MonobasilClostridium botulinum

img-1584506783.jpg

Bakteri yang hanya berbentuk satu batang tunggal

b. DiplobasilSalmonella Typhi

img-1584506872.jpg

berbentuk batang bergandengan dua-dua, banyak ditemukan pada usus manusia.

c. streptobasilStreptpbacillus moniliformis

img-1584507097.jpg

berupa batang bergandengan seperti rantai
3Spiral (Spirilium)



a. vibrioVibrio comma

img-1584517644.jpg

berbentuk lengkungan kurang dari setengah lingkaran, contoh nya Vibrio coma, penyebab penyakit kolera


b. spiral

Spirillum volutans

img-1584517679.jpg

berupa lengkungan lebih dari setengah lingkaran atau per.

c. spirosetaTreponema pallisum

img-1584517765.jpg

Berbentuk spiral yang halus dan lentur.


STRUKTUR BAKTERI

Bakteri memiliki struktur yang terdiri atau tersususn atas dinding sel, kapsul, membran sel, materi genetik, ribosom, sitoplasma, bulu cambuk, dan plasmid. Adapun penjelasannya sebagai berikut :

  1. Dinding sel

Dinding sel tersusun dari 2 elemen, protein & polisakarida. Dinding sel inilah yang berperan dalam menjaga bentuk tetap dari bakteri. Terletak di luar membran sel, dinding sel juga berperan dalam melindungi bakteri terhadap lingkungan luar.

  1. Kapsul

Kapsul yakni selubung pelindung yang tersusun dari polisakarida. Adapun letaknya yang berada di luar dinding sel, kapsul berperan dalam menjaga bakteri agar tidak mengalami kekeringan, dan menjaga bakteri dari antitoksin sel inang. Kapsul tidak dimiliki semua jenis bakteri, karena hanya dimiliki jenis-jenis tertentu saja, yakni hanya yang bersifat patogen saja.

  1. Membran sel

Membran sel terbentuk dari lemak dan juga protein. Membran sel berada di luas plasma karena fungsinya yakni untuk membungkus plasma dan mengatur pertukaran mineral dari sel kel luar sel maupun sebaliknya. Membran sel bersifat semipermeable serta menghasilkan enzim respirasi.

  1. Sitoplasma

Sitoplasma merupakan cairan yang ditemukan di dalam sel. Sitoplasma ini sendiri tersusun oleh koloid dari banyak molekul organik, seperti lemak, karbohidrat, protein, mineral. Di sinilah tempat terjadinya proses reaksi – reaksi metabolisme.

  1. Bulu cambuk

Bulu cambuk flagel adalah alat gerak yang digunakan cacing untuk mobilitasnya, sehingga memudahkan bakteri untuk mendekati makanan, dan menjauhi racun / jenis bahan kimia.

  1. Materi genetik

AND atau biasa disebut dengan DNA bakteri ini tidak tersebar dalam sitoplasma, namun tersebar di nukleoid. ADN sendiri berperan untuk mengendalikan proses sintesis protein bakteri, & pembawa zat sifat.

  1. Ribosom

Ribosom, jenis bakteri yang satu ini berfungsi dalam sintesis protein dan tersusun juga dari protein. Jika dilihat dengan menggunakan mikroskop, ribosom ini terlihat seperti struktur kecil melingkar.

  1. Plasmid

Plasmid yakni ialah sesuatu yang mengandung gen-gen tertentu diantaranya gen patogen, serta gen kabel antibiotik. Plasmid mampu memperbanyak diri kurang lebih sampai dengan 20 plasmid dalam satu sel.


CARA PERKEMBANGBIAKAN BAKTERI

Bakteri umumnya melakukan reproduksi atau berkembang biak secara aseksual (vegetatif = tak kawin) dengan membelah diri. Pembelahan sel pada bakteri adalah pembelahan biner yaitu setiap sel membelah menjadi dua. Reproduksi bakteri secara seksual yaitu dengan pertukaran materi genetik dengan bakteri lainnya. Pertukaran materi genetik disebut rekombinasi genetik atau rekombinasi DNA.

Rekombinasi genetik dapat dilakukan dengan tiga cara yaitu :

  1. Transformasi adalah pemindahan sedikit materi genetik, bahkan satu gen saja dari satu sel bakteri ke sel bakteri yang lainnya.
  2. Transduksi adalah pemindahan materi genetik satu sel bakteri ke sel bakteri lainnnya dengan perantaraan organisme yang lain yaitu bakteriofage (virus bakteri).
  3. Konjugasi adalah pemindahan materi genetik berupa plasmid secara langsung melalui kontak sel dengan membentuk struktur seperti jembatan diantara dua sel bakteri yang berdekatan. Umumnya terjadi pada bakteri gram negatif.


SIFAT BAKTERI

  • Inti sel tidak berdinding yang disebut prokarion.
  • Berkembang biak Dengan Membelah Diri.
  • Beberapa Jenis bakteri terutama Yang Berbentuk Batang dapat membentuk endospora. Yang Berguna Untuk Melindungi Diri Terhadap Lingkungan Yang Buruk.
  • Bakteri Pada Suhu Yang Bervariasi Dan pH tertentu sesuai dengan jenisnya.


ALAT GERAK BAKTERI

Alat gerak pada bakteri berupa flagellum atau bulu cambuk adalah struktur berbentuk batang atau spiral yang menonjol dari dinding sel. Flagellum memungkinkan bakteri bergerak menuju kondisi lingkungan yang menguntungkan dan menghindar dari lingkungan yang merugikan bagi kehidupannya.

Flagellum memiliki jumlah yang berbeda-beda pada bakteri dan letak yang berbeda-beda pula yaitu

  1. Monotrik : bila hanya berjumlah satu
  2. Lofotrik   : bila banyak flagellum disatu sisi
  3. Amfitrik  : bila banyak flagellum dikedua ujung
  4. Peritrik    : bila tersebar diseluruh permukaan sel bakteri


PERANAN BAKTERI

Dalam kehidupan manusia bakteri mempunyai peranan yang menguntungkan maupun yang merugikan.

Bakteri yang menguntungkan adalah sebagai berikut :

  1. Pembusukan (penguraian sisa-sisa mahluk hidup contohnya Escherichia colie).
  2. Pembuatan makanan dan minuman hasil fermentasi contohnya Acetobacter pada pembuatan asam cuka, Lactobacillus bulgaricus pada pembuatan yoghurt, Acetobacter xylinum pada pembuatan nata de coco dan Lactobacillus casei pada pembuatan keju yoghurt.
  3. Berperan dalam siklus nitrogen sebagai bakteri pengikat nitrogen yaitu Rhizobium leguminosarum yang hidup bersimbiosis dengan akar tanaman kacang-kacangan dan Azotobacter chlorococcum.
  4. Penyubur tanah contohnya Nitrosococcus dan Nitrosomonas yang berperan dalam proses nitrifikasi menghasilkan ion nitrat yang dibutuhkan tanaman.
  5. Penghasil antibiotik contohnya adalah Bacillus polymyxa (penghasil antibiotik polimiksin B untuk pengobatan infeksi bakteri gram negatif, Bacillus subtilis penghasil antibioti untuk pengobatan infeksi bakteri gram positif,Streptomyces griseus penghasil antibiotik streptomisin untuk pengobatan bakteri gram negatif termasuk bakteri penyebab TBC dan Streptomyces rimosus penghasil antibiotik terasiklin untuk berbagai bakteri.
  6. Pembuatan zat kimia misalnya aseton dan butanol oleh Clostridium acetobutylicum
  7. Berperan dalam proses pembusukan sampah dan kotoran hewan sehinggga menghasilkan energi alternatif metana berupa biogas. Contohnya methanobacterium
  8. Penelitian rekayasa genetika dalam berbagai bidang.sebagai contoh dalam bidang kedokteran dihasilkan obat-obatan dan produk kimia bermanfaat yang disintesis oleh bakteri, misalnya enzim, vitamin dan hormon.

Bakteri yang merugikan sebagai berikut :

  1. Pembusukan makanan contohnya Clostridium botulinum
  2. Penyebab penyakit pada manusia contohnya Mycobacterium tuberculosis ( penyebab penyakit TBC ), Vibrio cholerae ( penyebab kolera atau muntaber ), Clostridium tetani (penyebab penyakit tetanus ) dan Mycobacterium leprae (penyebab penyakit lepra )
  3. Penyebab penyakit pada hewan contohnya Bacilluc antrachis (penyebab penyakit antraks pada sapi )
  4. Penyebab penyakit pada tanaman budidaya contohnya Pseudomonas solanacearum (penyebab penyakit pada tanaman tomat, lombok, terung dan tembakau) serta Agrobacterium tumafaciens (penyebab tumor pada tumbuhan)


Bagikan Post


Komentar

    Belum Ada Komentar


Tambahkan Komentar

Profil
Kategori
Berita Terbaru
Operasi Matriks Selasa, 02 April 2024
Cara Meningkatkan Motivasi Belajar Kamis, 07 Maret 2024
Cara Megatasi Rasa “ Takut Gagal” Jum'at, 24 November 2023
Event Terdekat

Tidak Ada Event Terdekat

Testimonial

Saya pengguna App SMARTCPNS, terima kasih ya krn saya diterima CPNS di Pemda...

- Fresti Nuzulia -

Terima kasih Smart Genius, saya diterima CPNS pemda limapuluh kota, prov sumba...

- Sabrina Ashfa Al Haya -

Terima kasih Smart Genius. Saya diterima di IPDN 2021...

- Nadila Caurita -

Terima kasih Smart Genius. Saya diterima di Poltek SSN 2021...

- Rosa -

Terima kasih Smart Genius. Saya diterima di PKN STAN 2021...

- Lucia Cindy Agustina -

terima kasih untuk les TPA PPDS nya...

- Fitria Ahdiyanti -

terima kasih, saya les TPA PPDS online via zoom...

- Rima Rahmadipta -

terima kasih telah mengajarkan persiapan TPA...

- Yuniar Dian Pramitas -

Varian soalnya banyak & sangat membatu dalam pembelajaran persiapan CPNS...

- Hammah Fatin -

Persiapan TPA di Bimbel Smart Genius membantu saya lebih memahami soal, apalagi pembelajaran bisa sc...

- Dini Aulia Ramadhanty -

Les privat mapel sekolah di Smart Genius sangat membantu saya belajar lebih baik. terima kasih...

- Tristan Eka W -

Pengajarnya asik dan mudah dimengerti. tahun ini saya dapat hadiah meja lipat dari kaka Smart Genius...

- Karina Mirza Della Novia -

Terima Kasih kaka2 Smart Genius. saya ikut program di layanan SmartCPNS/SmartTaruna untuk persiapaan...

- Willy Agusta -

Terima kasih smart genius saya kemarin ikut ujian skd cpns di Donohudan Boyolali dan Alhamdulillah l...

- Puput Mulyono -

baru kasih testimoni. Aku yg selalu nga lulus TIU tes CPNS sebelumnya dan saat try out.. ternyata lu...

- Achmad Syakur Fahri -

Persiapaan TPA di Smart Genius bagus dan kompeten. Saya dapat rekomendasi les ini dari teman saya. T...

- M. Firman Maulana -

Yang mau persiapan TPA di sini saja, sangat kompeten dan pengalaman. saya sangat terbantu dengan per...

- Nur Royhana Zulfa -

Maaf baru share, sukses selalu smart genius Terima kasih saya keterima di IPDN 2020. bagi kamu yang ...

- Diva Aprilia A -

Terima kasih Smart Genius dengan layanan SmartCPNS dan SmartTARUNA saya lulus SKD CPNS dan sipencata...

- Aditya Prima Firdaus Saputra -

Persiapan Tes Potensi Akademik ppds Univ brawijaya lebih matang. latihan-latihan soal dan materi bim...

- Khumayroh Rachmawati Buana -

Belajar persiapan TPA di smart genius Indonesia jadi pilihan tepat, kamu bisa atur waktu jadwal deng...

- Mirza R.N -

rekomendasi untuk adek-adek yang ingin persiapan SPMB PKN STAN 2021. terima kasih Smart Genius dalam...

- Aditya Nurfaizi -

Saya ambil bimbingan persiapan Tes Potensi Akademik (TPA) untuk ujian PPDS Kedokteran Undip. Super m...

- Ezra Endria Gunadi -

Bimbingan persiapan CPNS luar biasa sip. Bener2 dibimbing dengan baik, yang awalnya ga ngerti apa2 j...

- Akhdiyan Setiyorini -

Terima kasih smart genius atas bimbingan nya untuk persiapan SPMB PKN STAN 2019. Alhamdulillah saya ...

- Adi Kusuma - D3 Akuntansi PKN STAN 2019 -

Hai smart genius. Les persiapan spmb PKN STAN di smart genius benar-benar dibimbing sampe h-1 tes. S...

- Arfan Dias -

Baru sempet kasih testimoni nih. Hehehe\r\nTerimakasih smart genius untuk les TPA untuk kuliah lanju...

- Ryan - PNS Bea Cukai Semarang -

Alhamdulillah keterima di kedokteran PPDS Ilmu Kesehatan Kulit dan Kelamin UNDIP 2019. \r\nRekomenda...

- Nurina Ayuningtyas -

Saya ambil les Tes Potensi Akademik dan Bahasa Inggris privat. Les nya asyik, fleksibel atur waktuny...

- Putri Novika Anggraeni -

Terima kasih Bimbel Smart Genius. Saya lebih lancar bahasa inggrisnya sekarang, Les paket Bahasa Ing...

- Muhammad Farras Razin P -

Maaf nih baru kasih testimoni, hehe.\r\nAlhamdulillah saya lolos sbmptn 2018 melalui program les di ...

- Safira -

Persiapan TPA di Bimbel Smart Genius membantu saya lebih mudah memahami soal-soal TPA. Tentornya sip...

- Eprilia Mukaromah -

Aku kasih testimoni terbaik untuk Smart Genius. Alhamdulillah saya lulus SMA dan sekarang lanjut kul...

- Hafizha Rasyidina -

Tentornya sesuai dengan kriteriaku, asyik, mudah memahami, dan pelayanannya mba CS nya pun cepat tan...

- Talitha Athaya -

Alhamdulillah keterima di kedokteran PPDS Radiologi UNDIP 2018. Berkat bantuan SMART GENIUS dalam me...

- Ardiga Israchmadi -

Terima kasih Smart Genius, nilai matematika anak saya sangat memuaskan. yang sebelumnya dibawah rata...

- Ibu dek Maiza Larasasih -

Cuman di smart genius yang menyediakan les TPA baik untuk S1/S2/S3 ataupun CPNS. sipp pokoknya, suks...

- Rhisma Kharolina Kosasih -

wuenak sekali pengajarnya. :), pelajaran IPA yang susah menjadi gampang. terima kasih smart genius u...

- Intan Mevla Sarsetyo -

Terima kasih Smart Genius, tentornya asik ngajarnya, mau lanjut lagi semester depan\r\n:)...

- Loveva Degma Bunga -

Terima Kasih Bimbel Smart Genius. Tentornya asik, mudah mengerti apa yang diajar. Latihan soal dan b...

- Rafeyfa Ammara Wijaya -

Belajar di Smart Genius makin Asyik dan Seru. Fisika yang sulit menjadi makin mudah dipahami. - pro...

- Thifani Tiara Ranti -

belajar privat persiapan UAS menjadi lebih mudah dengan Bimbel Smart Genius. persiapan UAS matematik...

- Albertus Bagas -

Asyik. Bisa les di mana aja. Liburan bisa belajar privat persiapan UAS. Sukses Bimbel Smart Genius....

- Brigitta Vania -

wow,, berkat to online smart genius, saya bisa mengasah kemampuan saya untuk lebih semangat lagi mem...

- Daniel -

Try out bimbel smart genius sangat membatu saya untuk mengetahui seberapa kemampuan saya dalam menge...

- Roshinta Oktafiana -

Terima kasih Bimbel Smart Genius. Les TPA membantu saya lebih mudah mengerjakan soal2 tes TPA pascas...

- Ardiga Israchmadi -

Try Out USM PKN STAN nya sangat membantu memberi gambaran tentang USM PKN STAN. Sukses terus Bimbel...

- Nurjaya -

Saya Ayu, lulusan Hukum UNDIP. saya mengikuti les privat persiapan Tes Potensi Akademik (TPA) Bappen...

- Wahyu Tri -

Pengajarnya enak menjelaskan. jadi mudah mengerti materi yang disampaikan. :) 👍👍👍👍👍 ...

- Laura -

Baru ingat isi testimoni. hehehe.. Terima kasih bimbel smart genius atas pelayanan tentor sainsnya. ...

- Febi -