Artikel

Artikel

img-1577949074.jpg

Artikel sering dijumpai di internet, media sosial, koran atau media lainnya. Tetapi masih banyak orang yang belum memahami apa arti dari artikel. Bisa dikatakan bahwa artikel adalah suatu karya tulis yang bersifat aktual dan opini terhadap suatu masalah hingga menjadi topik utama. Menurut KBBI, artikel merupakan karya tulis lengkap, misalnya laporan berita atau esai dalam sebuah majalah, surat kabar dan sebagainya. 

Gaya bahasa yang digunakan dalam sebuah artikel bersifat resmi dan menggunakan kata-kata baku. Hal ini agar isi artikel dimengerti oleh semua kalangan. Tujuan artikel adalah memberikan informasi yang mengedukasi, menambah wawasan dan kadang juga menghibur.


PENGERTIAN ARTIKEL DARI AHLI

Berikut ini, pengertian artikel dari beberapa ahli, 

1. Andi Baso Mappatato

Andi Baso Mappatato mengartikan bahwa artikel sebagai karya tulis yang lengkap, tulisan nonfiksi serta karangan tertulis yang memiliki panjang tidaka menentu.

2. Rillan E. Wolseley

Artikel adalah karangan tertulis yang panjangnya tak tentu. Bertujuan menyampaikan gagasan dan fakta dengan maksud meyakinkan, mendidik dan menghibur

3. Penguin English Student Dictionary

Artikel adalah suatu karangan yang tertulis untuk dipublikasikan dalam media berita cetak seperti majalah, koran dan lainnya.

4. Webster's Collegiate Thesaurus

Artikel didefinisikan sebagai karangan, catatan, kritik, manifes, reportase, putusan, pelajaran atau survey

5. Webster's New World Dictionary

Artikel merupakan karya tulis non fiksi yang umumnya ditulis secara singkat dan lengkap seperti karangan berita yang khas dalam media cetak 

6. Longman Pitman Office Dictionary

Artikel adalah suatu prosa nonfiksi dengan bentuk yang biasa, merupakan bagian bebas dari suatu koran, majalah, dan media cetak lainnya.

7. Essential English Dictionary

Artikel ialah suatu tulisan lengkap di dalam surat kabar, koran, majalah, dan media cetak lainnya.

8. The America Desk Dictionary

Menurut kamus di Amerika, artikel merupakan bagian dari tulisan nonfiksi dengan bentuk bebas, merupakan bagian penerbitan seperti laporan esai.

9. Ensikologipedia Pers Indonesia

Menurut Enskiklopedia Indonesia, pengertian artikel adalah karangan prosa dalam media massa yang membahas pokok masalah secara lugas.

10. Al-Aqli

Artikel merupakan sebuah tulisan yang ditulis oleh masing-masing disiplin ilmu. Setiap pembahasan dikaji dan diselesaikan dengan cara tuntas, lugas dan jelas sehingga pembaca dapat mengambil intisari dari sebuah karangan yang ditulis penulis.

11. Sumandiria

Menurut Sumandiria artikel adalah suatu karya tulis lepas berisikan sebuah opini seseorang yang sudah mengetahui secara jauh tentang masalah atau objek yang bersifat aktual dengan tujuan untuk memberitahukan, menghibur, mempengaruhi, dan meyakinkan yang membaca.


CIRI-CIRI ARTIKEL

img-1577949232.jpg

Suatu karangan karya tulis bisa dikatakan sebagai suatu artikel apabila memiliki ciri-ciri sebagai berikut  :

  1. Isi artikel
    Isi yang disampaikan sesuai dengan fakta yang didapat dari narasumber dan bukan dari pemikiran penulis. Isinya bisa berupa pemaparan biografi tokoh, kisah-kisah perjalanan, argumentasi, peristiwa, atau hal fakta lainnya.

  2. Metode Penulisan
    Yang digunakan pada artikel adalah bersifat tepat dan sistematis. Artinya, tulisan dengan metode tersebut dapat diterima oleh masyarakat dengan mudah, sehingga informasi pun dapat tersampaikan kepada pembaca.

  3. Informatif
    Sifat yang perlu dimiliki oleh artikel adalah informatif. Itu sebabnya kenapa artikel harus bersifat aktual dan sumber yang terpercaya.

  4. Bahasa formal
    Bahasa yang formal merupakan salah satu ciri dari sutu artikel. Karen ayng membaca adalah masyarakat umum, sehingga menggunakan bahasa baku, kecuali artikel featured yang akan dijelaskan nanti.

  5. Mengundang opini
    Artikel dapat berupa opini seseorang, namun harus berdasarkan teori dan data yang valid sehingga dapat dipertanggungjawabkan.

  6. Tulisannya singkat, padat, jelas, dan pembahasanya lengkap dan tuntas.


JENIS ARTIKEL

  • Deskripsi
    berisi gambaran mengenai objek atau keadaan sehingga pembaca seolah-olah melihat, mendengar, atau merasakannya. Ada beberapa langkah-langkah untuk membuat artikel deskripsi:
    * Menentukan objek (produk, jasa, keadaan, konsep dan sebagainya).
    * Menentukan tujuan penulisan artikel, bersifat tersirat.
    * Menentukan rumusan ide pokok, bersifat tersirat.
    * Setiap paragraf ditulis dengan sistematis.
    * Menyimpulkan objek yang dideskripsikan di akhir paragraf.

    Contoh deskripsi berisi fakta:
    Hampir seluruh pelosok Mentawai indah. Ada empat kabupaten di padang pasir. Hutan-hutan ini menyimpan ratusan jenis flora dan fauna. Hutan Mentawai juga menyimpan berbagai jenis anggrek dan fauna yang ditemukan hanya di Mentawai. Kerdil siamang, dan Mentawai lutung monyet primata Simakobu adalah contoh menarik untuk bahan penelitian dan atraksi.

    Contoh deskripsi berupa fiksi:
    salju, rumput tipis, berkilau diseling putih orange; bayangan matahari terbenam memantul. Angin awal musim dingin berhembus dingin, bermain sisa daun gugur dan bulu coklat melompat menderaikan dari satu cabang ke cabang lain.


  • Narasi
    Narasi merupakan jenis artikel yang menceritakan tentang suatu hal atau kejadian yang disusun berdasarkan urutan waktu. Biasanya, dalam artikel narasi ini terdapat beberapa unsur seperti tokoh, latar hingga puncak masalah (klimaks). Beberapa langkah-langkah dalam menulis artikel narasi akan dijelaskan berikut ini.
    * Menentukan tema
    * Menentukan tujuan penulisan artikel, bersifat tersirat
    * Menentukan rumusan ide pokok, bersifat tersirat
    * Setiap paragraf ditulis berdasarkan alur cerita : awal - tengah - akhir
      Bagian awal biasanya berisi tentang pengenalan tokoh. Bagian tengah berisi tentang kemunculan konflik hingga mencapai klimaksnya. Sedangkan dibagian akhir menceritakan akhir dari cerita. 

    Contoh Narasi
    narasi yang berisi fakta: biografi, autobiografi, atau kisah pengalaman. Contoh narasi dalam bentuk fiksi: novel, cerpen, cerbung, atau komik.

  • Eksposisi
    Berisi deskripsi atau penjelasan dari topik dalam rangka memberikan informasi tambahan atau pengetahuan untuk pembaca. Untuk memperjelas deskripsi, dapat dilengkapi dengan grafik, gambar atau statistik. Cara penulisan artikel eksposisi adalah sebagai berikut.
    * Menentukan tema.
    * Menentukan tujuan penulisan artikel, bersifat tersurat.
    * Menentukan rumusan ide pokok, bersifat tersurat.
    * Membuat kerangka karangan.
    * Mengembangkan kerangka karangan berdasarkan data dan fakta yang valid. Atau dapat menyertakan grafik, gambar atau informasi pendukung lainnya.

    Contoh Eksposisi
    Pada dasarnya pekerjaan akuntan mencakup dua bidang utama, yaitu akuntansi dan auditing. Di bidang akuntansi, retensi pekerjaan akuntan berupa pengolahan data untuk menghasilkan informasi keuangan, akuntansi perencanaan sistem informasi juga digunakan untuk menghasilkan informasi keuangan.
    Pekerjaan audit di bidang akuntansi dalam bentuk pemeriksaan objektif laporan keuangan untuk menilai kewajaran informasi yang terkandung dalam laporan.


  • Argumentasi
    Argumentasi merupakan artikel yang berisikan tentang opini (seseorang, organisasi atau lembaga) terhadap suatu hal. Tujuannya adalah untuk membuktikan kebenaran dari pendapat yang disertai dengan data dan fakta yang valid. Cara penulisan artikel argumentasi adalah sebagai berikut.
    * Menentukan tema atau masalah.
    * Menentukan rumusan masalah, bersifat tersurat.
    * Menentukan tujuan penulisan artikel, bersifat tersurat.
    * Membuat dan mengembangkan kerangka karangan dengan menyajikan data dan fakta sehingga dapat mendukung pendapat tersebut.
    * Membuat kesimpulan.

    Contoh Argumentasi
    Kepahlawanan harus selalu dipupuk dan dikembangkan sebagai heroik. Pembangunan di negara kita dapat berjalan dengan sukses. Kepahlawanan akan berkembang menjadi nilai-nilai dan kepribadian luhur, berjiwa, bertanggung jawab, berdedikasi, loyal, tangguh, dan kasih kepada sesama. Semua sifat ini diperlukan untuk mendukung pembangunan di berbagai bidang.

  • Persuasi
    Karangan ini bertujuan untuk mempengaruhi pembaca untuk melakukan sesuatu. Dalam persuasi penulis mengharapkan gerakan motorik dalam bentuk tindakan motorik yang dilakukan oleh pembaca menurut penulis direkomendasikan dalam esai. Cara penulisan artikel persuasi adalah sebagai berikut.
    * Menentukan tema atau masalah.
    * Menentukan tujuan penulisan artikel, bersifat tersurat
    * Menentukan rumusan ide pokok, bersifat tersurat.
    * Membuat dan mengembangkan kerangka karangan dengan menyajikan data dan fakta sehingga dapat memengaruhi pembaca.
    * Membuat kesimpulan.


TUJUAN ARTIKEL

Tujuan artikel sendiri bukan memiliki maksud utama sebagai pemenuhan tugas yang dberikan dari guru atau dosen semata, melainkan juga lebih mengarah pada hasil yang ingin dicapai dalam menulis sebuah artikel. Ada dua tujuan utama pada penulisan artikel di antaranya sebagai berikut.

  • Mendeskripsikan, menjelaskan, dan menguraikan suatu pokok pembahasan masalah yang sudah ditentukan.
  • Mendeskripsikan suatu batasan kajian. Hal ini merupakan tujuan utama dari artikel ilmiah


MANFAAT ARTIKEL

Adapun manfaat yang dimiliki artikel diantaranya adalah :

  • Sebagai sarana untuk menyampaikan ide penulis dalam mengembangkan daya imajinasi secara kreatif
  • Berpikir secara sistematis dan berbahasa yang teratur dan juga tertib
  • Sebagai sarana publikasi hasil pemikiran secara ilmiah melalui jurnal ilmiah
  • Memahami tujuan menulis yang nantinya dapat menguasai kompetensi menulis yang harus dicapai
  • Memberikan dampak akademis bagi pembaca


DIMENSI ARTIKEL

  • Dimensi hasil pemikiran atas suatu obyek kajian yang dapat berupa temuan penelitian atau gagasan analitis kritis.
  • Dimensi bahasa tulis sebagai alat mempresentasikan hasil pemikiran penulis dalam bentuk satuan-satuan makna dan penanda hubungan satuan-satuan makna secara eksplisit. 
  • Dimensi sistematika yang dijadikan unsur pembeda antara bentuk karya tulis artikel dengan bentuk karya tulis lain.
  • Dimensi kaidah penulisan yang hars ditaati, baik yang bersifat universal (umum).




SISTEMATIKA PENULISAN ARTIKEL

Sistematika penulisan artikel hasil penelitian

  1. Judul, disusun maksimal 14 kata dalam tulisan bahasa Indonesia 10 kata dalam tulisan bahasa Inggris.
  2. Nama penulis, ditulis tanpa gelar akademik atau gelar kebangsawanan. Lembaga tempat penulis bekerja ditulis dalam catatan kaki disertai alamat yang bisa dihubungi, baik e-mail, alamat kantor, ataupun rumah.
  3. Abstrak, disusun dalam satu paragraf berisi latar belakang penelitian, tujuan, metode, dan hasil penelitian. Abstrak maksimal 100 kata.
  4. Kata kunci, berupa kata-kata penting (kata kunci dalam tulisan).
  5. Pendahuluan, berisi uraian tentang latar belakang, tujuan, manfaat, dan metode penelitian. Pendahuluan ditulis tanpa subjudul, disusun maksimal 10% dari keseluruhan tulisan.
  6. Tinjauan pustaka, hanya berisi teori yang relevan dengan penelitian. Maksimal 15% dari keseluruhan tulisan.
  7. Hasil penelitian, berisi uraian tentang hasil penelitian, disusun maksimal 20% dari keseluruhan tulisan.
  8. Pembahasan, berisi uraian tentang hasil penelitian dan implikasi yang dihasilkan dari penelitian. Pembahasan ini merupakan inti dari artikel jurnal, disusun maksimal 50% dari keseluruhan tulisan.
  9. Kesimpulan dan saran, disusun maksimal 5% dari keseluruhan tulisan.
  10. Pustaka rujukan, menggunakan sumber buku dan jurnal maksimal 10 tahun terakhir.

Sistematika penulisan artikel hasil pemikiran (nonpenelitian)

  1. Judul, disusun maksimal 14 kata dalam tulisan bahasa Indonesia 10 kata dalam tulisan berbahasa Inggris.
  2. Nama penulis, ditulis tanpa gelar akademik atau gelar kebangsawanan. Lembaga tempat penulis bekerja ditulis dalam catatan kaki disertai alamat yang bisa dihubungi, baik e-mail, alamat kantor, ataupun rumah.
  3. Abstrak, disusun dalam satu paragraf maksimal 100 kata.
  4. Kata kunci, berupa kata-kata penting (kata kunci) dalam tulisan
  5. Pendahuluan, berisi tentang uraian latar belakang, masalah tujuan, dan manfaat, ditulis tanpa subjudul, disusun maksimal 20% dari keseluruhan tulisan.
  6. Pembahasan, terdiri atas beberapa subjudul berisi uraian tentang masalah yang dibahas. Pembahasan ini merupakan inti dari artikel jurnal, disusun maksimal 70% dari keseluruhan tulisan.
  7. Penutup (kesimpulan dan saran), disusun maksimal 10% dari keseluruhan tulisan.Pustaka rujukan, menggunakan sumber buku dan jurnal maksimal 10 tahun terakhir.



Bagikan Post


Komentar

    Belum Ada Komentar


Tambahkan Komentar

Profil
Kategori
Berita Terbaru
Operasi Matriks Selasa, 02 April 2024
Cara Meningkatkan Motivasi Belajar Kamis, 07 Maret 2024
Cara Megatasi Rasa “ Takut Gagal” Jum'at, 24 November 2023
Event Terdekat

Tidak Ada Event Terdekat

Testimonial

Saya pengguna App SMARTCPNS, terima kasih ya krn saya diterima CPNS di Pemda...

- Fresti Nuzulia -

Terima kasih Smart Genius, saya diterima CPNS pemda limapuluh kota, prov sumba...

- Sabrina Ashfa Al Haya -

Terima kasih Smart Genius. Saya diterima di IPDN 2021...

- Nadila Caurita -

Terima kasih Smart Genius. Saya diterima di Poltek SSN 2021...

- Rosa -

Terima kasih Smart Genius. Saya diterima di PKN STAN 2021...

- Lucia Cindy Agustina -

terima kasih untuk les TPA PPDS nya...

- Fitria Ahdiyanti -

terima kasih, saya les TPA PPDS online via zoom...

- Rima Rahmadipta -

terima kasih telah mengajarkan persiapan TPA...

- Yuniar Dian Pramitas -

Varian soalnya banyak & sangat membatu dalam pembelajaran persiapan CPNS...

- Hammah Fatin -

Persiapan TPA di Bimbel Smart Genius membantu saya lebih memahami soal, apalagi pembelajaran bisa sc...

- Dini Aulia Ramadhanty -

Les privat mapel sekolah di Smart Genius sangat membantu saya belajar lebih baik. terima kasih...

- Tristan Eka W -

Pengajarnya asik dan mudah dimengerti. tahun ini saya dapat hadiah meja lipat dari kaka Smart Genius...

- Karina Mirza Della Novia -

Terima Kasih kaka2 Smart Genius. saya ikut program di layanan SmartCPNS/SmartTaruna untuk persiapaan...

- Willy Agusta -

Terima kasih smart genius saya kemarin ikut ujian skd cpns di Donohudan Boyolali dan Alhamdulillah l...

- Puput Mulyono -

baru kasih testimoni. Aku yg selalu nga lulus TIU tes CPNS sebelumnya dan saat try out.. ternyata lu...

- Achmad Syakur Fahri -

Persiapaan TPA di Smart Genius bagus dan kompeten. Saya dapat rekomendasi les ini dari teman saya. T...

- M. Firman Maulana -

Yang mau persiapan TPA di sini saja, sangat kompeten dan pengalaman. saya sangat terbantu dengan per...

- Nur Royhana Zulfa -

Maaf baru share, sukses selalu smart genius Terima kasih saya keterima di IPDN 2020. bagi kamu yang ...

- Diva Aprilia A -

Terima kasih Smart Genius dengan layanan SmartCPNS dan SmartTARUNA saya lulus SKD CPNS dan sipencata...

- Aditya Prima Firdaus Saputra -

Persiapan Tes Potensi Akademik ppds Univ brawijaya lebih matang. latihan-latihan soal dan materi bim...

- Khumayroh Rachmawati Buana -

Belajar persiapan TPA di smart genius Indonesia jadi pilihan tepat, kamu bisa atur waktu jadwal deng...

- Mirza R.N -

rekomendasi untuk adek-adek yang ingin persiapan SPMB PKN STAN 2021. terima kasih Smart Genius dalam...

- Aditya Nurfaizi -

Saya ambil bimbingan persiapan Tes Potensi Akademik (TPA) untuk ujian PPDS Kedokteran Undip. Super m...

- Ezra Endria Gunadi -

Bimbingan persiapan CPNS luar biasa sip. Bener2 dibimbing dengan baik, yang awalnya ga ngerti apa2 j...

- Akhdiyan Setiyorini -

Terima kasih smart genius atas bimbingan nya untuk persiapan SPMB PKN STAN 2019. Alhamdulillah saya ...

- Adi Kusuma - D3 Akuntansi PKN STAN 2019 -

Hai smart genius. Les persiapan spmb PKN STAN di smart genius benar-benar dibimbing sampe h-1 tes. S...

- Arfan Dias -

Baru sempet kasih testimoni nih. Hehehe\r\nTerimakasih smart genius untuk les TPA untuk kuliah lanju...

- Ryan - PNS Bea Cukai Semarang -

Alhamdulillah keterima di kedokteran PPDS Ilmu Kesehatan Kulit dan Kelamin UNDIP 2019. \r\nRekomenda...

- Nurina Ayuningtyas -

Saya ambil les Tes Potensi Akademik dan Bahasa Inggris privat. Les nya asyik, fleksibel atur waktuny...

- Putri Novika Anggraeni -

Terima kasih Bimbel Smart Genius. Saya lebih lancar bahasa inggrisnya sekarang, Les paket Bahasa Ing...

- Muhammad Farras Razin P -

Maaf nih baru kasih testimoni, hehe.\r\nAlhamdulillah saya lolos sbmptn 2018 melalui program les di ...

- Safira -

Persiapan TPA di Bimbel Smart Genius membantu saya lebih mudah memahami soal-soal TPA. Tentornya sip...

- Eprilia Mukaromah -

Aku kasih testimoni terbaik untuk Smart Genius. Alhamdulillah saya lulus SMA dan sekarang lanjut kul...

- Hafizha Rasyidina -

Tentornya sesuai dengan kriteriaku, asyik, mudah memahami, dan pelayanannya mba CS nya pun cepat tan...

- Talitha Athaya -

Alhamdulillah keterima di kedokteran PPDS Radiologi UNDIP 2018. Berkat bantuan SMART GENIUS dalam me...

- Ardiga Israchmadi -

Terima kasih Smart Genius, nilai matematika anak saya sangat memuaskan. yang sebelumnya dibawah rata...

- Ibu dek Maiza Larasasih -

Cuman di smart genius yang menyediakan les TPA baik untuk S1/S2/S3 ataupun CPNS. sipp pokoknya, suks...

- Rhisma Kharolina Kosasih -

wuenak sekali pengajarnya. :), pelajaran IPA yang susah menjadi gampang. terima kasih smart genius u...

- Intan Mevla Sarsetyo -

Terima kasih Smart Genius, tentornya asik ngajarnya, mau lanjut lagi semester depan\r\n:)...

- Loveva Degma Bunga -

Terima Kasih Bimbel Smart Genius. Tentornya asik, mudah mengerti apa yang diajar. Latihan soal dan b...

- Rafeyfa Ammara Wijaya -

Belajar di Smart Genius makin Asyik dan Seru. Fisika yang sulit menjadi makin mudah dipahami. - pro...

- Thifani Tiara Ranti -

belajar privat persiapan UAS menjadi lebih mudah dengan Bimbel Smart Genius. persiapan UAS matematik...

- Albertus Bagas -

Asyik. Bisa les di mana aja. Liburan bisa belajar privat persiapan UAS. Sukses Bimbel Smart Genius....

- Brigitta Vania -

wow,, berkat to online smart genius, saya bisa mengasah kemampuan saya untuk lebih semangat lagi mem...

- Daniel -

Try out bimbel smart genius sangat membatu saya untuk mengetahui seberapa kemampuan saya dalam menge...

- Roshinta Oktafiana -

Terima kasih Bimbel Smart Genius. Les TPA membantu saya lebih mudah mengerjakan soal2 tes TPA pascas...

- Ardiga Israchmadi -

Try Out USM PKN STAN nya sangat membantu memberi gambaran tentang USM PKN STAN. Sukses terus Bimbel...

- Nurjaya -

Saya Ayu, lulusan Hukum UNDIP. saya mengikuti les privat persiapan Tes Potensi Akademik (TPA) Bappen...

- Wahyu Tri -

Pengajarnya enak menjelaskan. jadi mudah mengerti materi yang disampaikan. :) 👍👍👍👍👍 ...

- Laura -

Baru ingat isi testimoni. hehehe.. Terima kasih bimbel smart genius atas pelayanan tentor sainsnya. ...

- Febi -